Social Icons

Pages

Total Pageviews

Sunday, May 5, 2013

Teknologi OPTIK di Bidang Medis 3 : Endoskop Serat Optik

 
Fiber optik merupakan saluran transmisi (pemindah informasi) yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Fiber Optik terbuat dari serat kaca dan bentuknya panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Serat kaca ini merupakan serat yang dibuat secara khusus yang terbuat dari bahan kaca murni dan kemudian diproses menjadi sebentuk gulungan kabel agar dapat digunakan untuk melewati data yang ingin dikirim atau diterima.
Fiber optik ini terdiri dari beberapa bagian yaitu Cladding, Core, dan Buffer Coating. Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik dan menjadi tempat berjalannya cahaya sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan. Cladding adalah lapisan luar yang membungkus Core dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar keluar kembali ke dalam Core. Sedangkan Buffer Coating merupakan lapisan plastik yang melindungi serat dari kerusakan dan kelembaban.

Dalam bidang kedokteran, juga ada beberapa alat yang memanfaatkan serat optik seperti Endoskopi. Endoskop adalah alat yang digunakan dalam pemeriksaan endoskopi. Alat ini berbentuk pipa kecil panjang yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh, misalnya ke lambung, ke dalam sendi, atau ke  rongga tubuh lainnya. Di dalam pipa tersebut terdapat dua buah serat optik. Satu untuk menghasilkan cahaya agar bagian tubuh di depan ujung endoskop terlihat jelas, sedangkan serat lainnya berfungsi sebagai penghantar gambar yang ditangkap oleh kamera. Serat optik sekarang juga dipakai dakam dunia hiburan seperti lampu hias dan miniature.





























(diambil dari : medicastore.com)
Aplikasi Fiber Optik Pada Endoskopi
Ilmu dan teknologi yang terus berkembang pesat di bidang kedokteran telah menghasilkan sebuah prosedur diagnostik yang cepat dan tepat,serta metode penyembuhan penyakit dalam tanpa melakukan operasi.
Endoscopy adalah suatu metode/teknik memeriksa organ dalam tubuh (khususnya saluran cerna) secara visual. Endoscope adalah suatu alat yang digunakan untuk memeriksa organ dalam tubuh (khususnya saluran cerna) secara visual sehingga dapat dilihat melalui layar monitor. Sehingga setiap kelainan organ dalam tubuh dapat diketahui dengan sejelas-jelasnya.
Bagian-bagian pada Endoscope :
  1. Alat ini berbentuk pipa kecil panjang yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh melalui mulut,hidung,anus.
  2. Terdiri dari 2 buah serat optik. Satu untuk menghasilkan cahaya ,sedangkan serat lainnya berfungsi sebagai penghantar gambar yang ditangkap oleh kamera
  3. Bagian lainnya bisa digunakan sebagai saluran untuk pemberian obat dan untuk memasukkan atau mengisap cairan. dipasang gunting kecil, sikat kecil, dan lain-lain. 
Keunggulan dari Endoskopi yaitu:
1.         Dapat melakukan operasi tanpa melakukan pembedahan,misal pengangkatan jaringan tumor,
2.         Dapat menggantikan fungsi tindakan operasi, lebih nyaman, biaya lebih murah dan efisien
3.         Dapat melakukan diagnostik yang cukup akurat
4.         Dapat mendeteksi adanya infeksi, bisul, tumor, radang, dll.
5.         Hasil pemeriksaan dapat langsung dicetak.
Pada aplikasi ini fiber optik berfungsi sebagai sarana transfer data gambar yang baik dan lebih effektif dibandingkan menggunakan kabel biasa
D.      KELEMAHAN DAN KELEBIHAN SERAT OPTIK
Sistem transmisi serat optik  ini dibandingkan dengan teknologi transmisi yang lain mempunyai beberapa kelebihan, antara lain :
1.         Redaman transmisi yang kecil
Sistem telekomunikasi serat optik  mempunyai redaman transmisi per km relatif kecil dibandingkan dengan transmisi lainnya, seperti kabel coaxial ataupun kabel PCM. Ini berarti serat optik  sangat sesuai untuk dipergunakan pada telekomunikasi jarak jauh, sebab hanya membutuhkan repeater yang jumlahnya lebih sedikit.
2.         Bidang frekuensi yang lebar
Secara teoritis serat optik  dapat dipergunakan dengan kecepatan yang tinggi, hingga mencapai beberapa Gigabit/detik. Dengan demikian sistem ini dapat dipergunakan untuk membawa sinyal informasi dalam jumlah yang besar hanya dalam satu buah serat optik  yang halus.
3.         Ukurannya kecil dan ringan
Dengan demikian sangat memudahkan pengangkutan pemasangan di lokasi. Misalnya dapat dipasang dengan kabel lama, tanpa harus membuat lubang polongan yang baru.
4.         Tidak ada gangguan (interferensi)
Hal ini disebabkan sistem transmisi serat optik  mempergunakan sinar atau cahaya laser sebagai gelombang pembawanya. Sebagai akibatnya akan bebas dari pembicaraan silang (cross talk) yang sering terjadi pada kabel biasa (twised pair cable). Atau dengan perkataan lain kualitas transmisi atau telekomunikasi yang dihasilkan lebih baik dibandingkan transmisi dengan kabel. Dengan tidak terjadinya gangguan (interferensi) akan memungkinkan kabel serat optik  dipasang pada jaringan tenaga listrik tegangan tinggi (high voltage) tanpa khawatir adanya gangguan yang disebabkan oleh tegangan tinggi.
5.         Adanya isolasi antara pengirim (transmitter) dan penerimanya (receiver).
6.         Tidak ada ground loop.
Ground loop adalah masalah klasik yang kerap menghantui pada instalasi kabel coaxial jarak jauh. Kurang sempurnanya sambungan kabel bisa menjadi penyebab utama masalah ini. Akibatnya sinyal video cenderung lemah dan mudah terganggu oleh interferensi.
7.         Tidak akan terjadi hubungan api pada saat kontak atau terputusnya serat optik .

(Dikutip dari : http://virgita-kompudu.blogspot.com/2012/06/fiber-optic.html)

No comments:

Post a Comment